Tips dan Trick Setelah Menginstal Ubuntu 11.10

Gnome 3/ Shel
Tips yang diberikan disini lebih dikhususkan untuk Ubuntu 11.10 - Oneiric Ocelot, tapi mungkin sebagian dari tips yang dijelaskan bisa diaplikasikan juga pada distro lain seperti Linux Mint, Opensuse, Fedora, Debian, atau turunan Ubuntu lainnya.

1. Mencoba Gnome Shell
Ubuntu 11.10 sudah menggunakan Gnome 3 (didasarkan pada GTK 3), tetapi user interface standar menggunakan fitur unity. Gnome 3.2 adalah versi yang terbaru, memiliki banyak fitur baru dan inovatif. Tidak ada salahnya Anda mencoba Gnome versi terbaru ini.

Gnome 3/ Shel

Untuk menginstal Gnome 3/ Shell, tuliskan perintah ini di terminal
sudo apt-get install gnome-shell


2. Kustomisasi GNOME 3 Menggunakan Gnome Tweak Tool
Gnome Tweak Tool adalah aplikasi sederhana yang akan memungkinkan Anda untuk mengubah / menyesuaikan tampilan desktop Gnome 3 dengan mudah. Gnome Tweak Tool memiliki banyak pilihan seperti Shell, Tema, Font, Desktop, Ikon, dll untuk merubah penampilan desktop Gnome 3.


Untuk menginstal Gnome Tweak Tool, tuliskan perintah ini di terminal
sudo apt-get install gnome-tweak-tool



3. Mengatur Tampilan Boot dan Grub dengan StartUp Manager
StartUp Manager adalah aplikasi sederhana yang memungkinkan Anda untuk mengatur/ mengkustomisasi tampilan Splash maupun GRUB dalam modus GUI.

StartUp Manager

Untuk menginstal StartUp Manager, buka terminal dan tuliskan perintah ini
sudo apt-get install startupmanager


4. Mount Hard Drive (Partisi)Otomatis Saat StartUp
Ketika Anda log in dengan username Anda (bukan root), itu tidak akan me-mount drive drive lain atau partisi yang lain dari File System (partisi di mana Anda telah menginstal Ubuntu). Ini berarti partisi lain tidak akan tersedia secara default, sehingga Anda harus me-mount setiap kali Anda log in ke komputer dengan username Anda sebelum Anda menggunakannya.
Untuk me-mount drive / partisi secara otomatis pada saat StartUp, Anda bisa menggunakan aplikasi sederhana - PySDM - Storage Device Manager. Ini adalah aplikasi keren ditulis menggunakan PyGTK dan sangat membantu dalam menyesuaikan titik mount untuk hard drive Anda (s) / partisi.

Storage Device Manager

Untuk menginstalnya, buka terminal dan tuliskan perintah ini
sudo apt-get install pysdm


5. Menginstal Tema dan Ikon
Tema dan ikon yang default sudah lumayan keren, tetapi Anda mungkin ingin mencoba tema dan ikon yang lain. Hal ini sangat mudah karena sudah banyak tema Gnome 3 gratisan dan ikon yang tersedia bebas untuk digunakan.
Untuk lebih lanjut, silahkan baca postingan sebelumnya tentang "Best Gnome 3 Shell Themes"
 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook
Original Template By Belajar SEO Blogspot - Himajiesized By Dayz Hidayat