Merancang Desain Web Sederhana | Pe2cyber11


Pe2 Cyber11| 0k Sekarang possting Pepe akan membahas cara pembuatan sebuah website dengan menggunakan php, tentunya dengan postingan ini Pepe berharap Teman2 blogger dapat membuat sebuah website sendiri atau setidak-tidaknya memahami cara pembuatan sebuah website menggunakan PHP.

Tentunya sebelum kita membahas secara rinci proses pembuatan website ada beberapa software yang perlu sobat miliki, jenis software tersebut di antaranya adalah:


  1. Soware Design Web
  2. Software ini antara lain adalah Adobe Photoshop, Corel Draw, Firework dan lain-lain.
  3. Editor Web
  4. Software ini bertujuan untuk membantu seorang webmaster untuk menuliskan kode-kode program web. Secara umum dapat dibagi menjadi 2 macam : hand code dan WYSIWYG (What You See Is What You Get). Pada hand code, penulisan kode program menggunakan editor teks semacam notepad. Sedangkan pada editor web WYSIWYG, sobat dapat langsung melihat hasilnya, misalnya menggunakan Dreamweaver, Frontpage, dan sebagainya.
  5. Web Server
  6. Sebuah halaman website yang diakses oleh user melalui browser disimpan pada web server. Untuk itu, diperlukan program khusus agar website yang kita buat dapat diterima dengan baik oleh klien. Ada beberapa software yang bisa sobat gunakan baik yang gratis (open source) maupun yan g komersial, di antaranya: Netscape Server, microsoft IIS, Xitami, WebStar, Apache, XAMPP, dan lain sebagainya. Pada postingan ini kami menggunakan XAMPP.
  7. Web Browser
  8. Software ini untuk menampilkan halaman website. Cara kerja browser adalah menerjemahkan kode program HTML ke dalam bentuk visual sesuai dengan apa dirancang oleh pembuat website. Beberapa browser yang terkenal di antaranya Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan Netscape Navigator.
Untuk software Web Server XAMPP sobat bisa download disini, sedangkan cara instalasi XAMPP bisa sobat download disini.

Setelah web server telah Teman2 instal, sekarang saatnya kita menyiapkan Folder Proyek. Silahkan Teman blogger buat sebuah folder dengan nama myweb dan letakkan folder tersebut didalam C:\xampp\htdocs, kemudian didalamnya buat tiga folder lagi dengan nama images, config, admin. Didalam folder admin silahkan sobat buat lagi 2 buah folder dengan nama images, gambar.

Menyiapkan Database

Dalam proyek ini, buatlah sebuah database dengan nama myweb, untuk sementara kita membutuhkan tiga buah tabel dalam database myweb. Struktur tabelnya sebagai berikut:

Nama TabelJumlah FieldNama Field
Tabel admin4id_admin, password, nama_lengkap, email
Tabel produk11id_produk, id_admin, merk, kategori, harga, berat, spesifikasi, gambar, tgl_posting, jam, counter,
Tabel guestbook6id_guestbook, tanggal, nama, email, alamat, isi


Struktur Tabel admin

FieldTypeLengthExtraPrimary
id_adminVARCHAR50
Yes
passwordVARCHAR50

nm_lengkapVARCHAR100

emailVARCHAR100



Struktur Tabel produk

FieldTypeLengthDefaultExtraPrimary
id_produkINT5
autoYes
id_adminVARCHAR50


merkVARCHAR100


kategoriVARCHAR100


hargaDECIMAL15,00

beratVARCHAR10


spesifikasiTEXT



gambarVARCHAR100


tgl_postingDATE



jamTIME



counterINT100



Struktur Tabel guestbook

FieldTypeLengthDefaultExtraPrimary
id_guestbookINT5
autoYes
tanggalDATE



namaVARCHAR50


emailVARCHAR50


alamatVARCHAR255


isiTEXT





Selontar kata dari Pepe:
Cara pembuatan database dan tabel tidak Pepe bahas di postingan ini, untuk lebih praktisnya silahkan Teman blogger download tutorial pembuatan database dan tabel disini. Sedangkan cara pembuatan websitenya sendiri akanPepe lanjutkan pada postingan selanjutnya { Hwakewakewake Jika Pepe Masih ingat ya }.

Semoga Bermanfaat...Wassalam IT Bengkulu - Padang
 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook
Original Template By Belajar SEO Blogspot - Himajiesized By Dayz Hidayat