Cara memeriksa Situs kita online atau Server down


Pe2Cyber11 | mengakses website hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek server hosting tidak bekerja, situs web kita yang error atau jaringan internetnya yang bermasalah.
Langkah Pertama
Memeriksa dan melihat apabila server berstatus online atau off-line. Caranya ketikkan IP server Anda ke dalam browser (Internet Explorer, Firefox).
Untuk mengetahui IP Address dari server hosting bisa dilihat di email konfirmasi pengaktifan hosting yang berjudul “Informasi Akun Hosting” atau “Informasi Akun Reseller”.
Misal jika IP server Anda 174.132.68.146 maka di browser langsung Anda ketikan 174.132.68.146
Jika Anda melihat:
image001
server hosting
Menandakan bahwa server tidak Down atau off-line. Silakan Anda coba login ke cpanel menggunakan IP dengan mengetikkan http://IPADDRESS/cpanel/
Langkah Kedua
Jika Anda tidak dapat melihat server seperti pada gambar di atas selanjutnya Anda perlu menentukan apakah dikarenakan server off-line, atau ada masalah dengan koneksi internet yang digunakan. Untuk melihat apakah server on-line coba ping IPserver untuk memastikan ada respon.
Pada komputer Anda tekan menu Start dan klik link run atau tekan icon windows + r pada keyboard.
Misal IP server Anda adalah 174.132.68.146 maka ketikkan:
ping 174.132.68.146
Jika ping Tanggapan adalah:
image002
ping server hosting
  • Jika Anda melihat: Ping: Got Reply …
Artinya Server tidak off-line dan alasan Anda tidak dapat melihat situs Web, tidak dikarenakan server tidak berfungsi. Silakan lanjutkan ke Langkah #3 untuk memberikan solusi yang memungkinkan.
  • Jika Anda melihat: Not Responding
Jika tidak ada tanggapan Anda tidak perlu membuka tiket support, kami sudah tahu. Kamipun tidak dapat mengakses website Anda jika server kami down.
Server hosting sering kali down dikarenakan sedang melakukan pemeliharaan  server atau upgrade, dan server secara otomatis akan Up kembali tanpa harus mengirim email pemberitahuan kepada Anda jika sudah selesai dilakukan.
Jika IP Anda ping dan ‘Not Responding’ maka Datacenter down, atau koneksi ke datacenter bermasalah. Datacenter sangat jarang mengalami down dan waktu downnyapun dalam jangka waktu yang sangat singkat.
Langkah Ketiga
Sekarang Anda dapat mengindetifikasi mengapa tidak dapat melihat dan mengakses website di sebabkan server hosting down, silakan cek website Anda melalui IP. Anda dapat melakukan ini dengan menempatkan cPanel Login user ID Anda pada server IP seperti ini:
Misal jika IP Address Anda 174.132.68.146 maka di browser ketikan :
174.132.68.146/~userid
Gantikan nama userid dengan username cpanel Anda.
Apakah Anda melihat situs web Anda?
* Ya
Jika Anda bisa melihat situs Web Anda menggunakan IP Address, tidak melalui nama domain biasanya karena masalah nameserver atau setingan domainnya. Jadi silakan Anda pastikan nameserver domain Anda telah terarah dengan sempurna ke server hosting.
* Tidak ada
Jika Anda tidak melihat situs Web Anda menggunakan IP Address, pertama pastikan Anda menggunakan IP yang benar, dan langkah terakhir hubungi support dengan mengajukan bantuan di www.asianbrain.com/support.
Untuk website yang menggunakan wordpress jika saat Anda mengakses IPADRRESS/~userid/ langsung diredirect/diarahkan kembali ke namadomainnya maka hal itu menandakan server hosting tidak down dan terjadi masalah pada nameserver atau setingan domainnya. Jadi silakan Anda pastikan nameserver domain Anda telah terarah dengan sempurna ke server hosting.
Langkah Empat
Terkadang untuk beberapa kondisi sebuah website tidak bisa diakses dikarenakan jaringan koneksi internet yang digunakan, biasanya disebabkan IP Server hosting tersebut belum ter-record oleh Provider internet.
Tandanya jika website tersebut tidak bisa dibuka ditempat Anda, tapi bisa di buka di tempat lain dengan jaringan internet berbeda maka permasalahannya bukan karena server hosting overload.
Jika permasalahan yang disebabkan oleh server overload, pasti website tersebut tidak bisa dibuka di tempat manapun, karena server induknya bermasalah.
Anda dapat coba mengakses website melalui website proxy, seperti:
http://www.24proxy.com
http://myproxy.ca
http://www.youhide.com
Dengan mengakses melalui web proxy memungkinkan IP DNS website tersebut di kenali oleh IP proxy yang digunakan.
Nah, jika website dapat diakses melalui website proxy kemungkinan permasalahan dari jaringan koneksi internet yang Anda digunakan, Anda dapat mengkonfirmasikan kepada Teknikal support dari ISP Internet agar membantu anda untuk memperbaiki sehingga website dapat di akses.

Salam Kebersamaan Dal Cinca Islam [ Pepe Ruller ]
 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook
Original Template By Belajar SEO Blogspot - Himajiesized By Dayz Hidayat