Perintah terminal Ubuntu

Memasang program dengan terminal di Ubuntu sederhana, cukup dengan perintah:

apt-get install nama-paket-yang-diinginkan

Misalnya kita menginginkan untuk memasang klien pengunggah gambar ke ImagesHack.us (biasanya narablog dengan domain pribadi sering menggunakan ini), nama programnya adalah “Imageshack Uploader”, maka kita ketik perintah berikut di terminal:

apt-get install imageshack-uploader

Atau jika via admin, tinggal menambahkan “sudo” di depannya menjadi:

sudo apt-get install imageshack-uploader

Setelah itu masukkan password akun Ubuntu anda – jika belum dimasukkan, terminal akan menjabarkan paket yang diinstal bersama paket lain yang mungkin perlu juga dipasang sebagai pendukung. Jika diterima maka cukup ketik “Y” dan tekan “enter”.

Maka program ini pun akan langsung terpasang pada Linux Ubuntu anda.
Imageshack Uploader

Tampilan Imageshack Uploader pada Maverick Meerkat

Nah, bagaimana jika ingin menghilangkan program? Cukup menggunakan perintah kebalikan dari “install”, yaitu “remove”. Jika dijalankan akan menjadi:

apt-get remove nama-paket

Dan jika ada paket-paket yang sudah tidak terpakai lagi, kita tidak menghapusnya dengan perintah di atas. Tapi seandainya kita tidak tahu paket-paket apa saja yang bisa dihapus, maka gunakan perintah “autoremove” sebagai pengganti “remove“, atau jika tidak yakin cukup jalankan “Computer Janitor” via GUI – tapi kesannya malah jadi mengerikan.

Hmm…, itu perintah-perintah yang sangat “newbie“, ya – tapi saya memang seorang newbie linux, dan bukan native debian-pun. Jadi maklum saja ya, he he….
 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook
Original Template By Belajar SEO Blogspot - Himajiesized By Dayz Hidayat