Pe20plet | Dampak internet dalam kehidupan sehari-2 dalam masyarakat
sangatlah berperan penting & menghasilkan manfaat maupun kerugian,dampak
penting internet sangat memajukan perkembangan suatu pola pikir namun juga
merusak pola pikir dalam masyarakat itu sendri bagaimana internet itu
digunakan.internet memiliki pandangn positif maupun negatif,namun semua bentuk
yang bersifat 0pen soure,global,maupun lokal memliki dapak positif &
negatif hanya tergantung bagaiman kita memanfaatkan serana itu .internet juga tidak
lepas dalam peranan masyarakat baik kalangan anak-anak,Remaja maupun tua selain
hobi,bisnis maupun pekerjaan .
Serana yang mampu menyatukan semua bentuk aktifitas pada
masyarakat dunia,baik itu Bisnis,Politi,Pendidikan,maupun crime (
Kejahatan )…. Dampak Positif & Negatif bagi kalangan masyrakat sangatlah
banyak sehingga berpengaruh dalam aktifitas sehar-harinya di kalangan
masyarakat yang bisa menggunakanya.
Pengaruh
dampak Psositif bagi masyarakat di bidang internet adalah :
1.
Kalangan Anak-anak : internet dapat menambah
pengetahuanya dalam berkomunikasi,informasi yang mampu mengembangkan pola pikir
sehingga pengetahuan yang sangat penting dalam era Cyber maupun mampu
mengmbangkan potensinya sebagai pelajar,juga mampu menyalurkan kreatifitas
melalui dunia maya ( Cyber ).membantu
sarana pembelajaran yang mendunia,memandang dunia dengan layar yang
tipis,melakukan komunikasi yang lancar,sehingga menelusuri pengembangan yang
baik bagi anak-anak.
2.
Kalangan Remaja : Saranana pembelajaran,
mendapatkan ilmu pengetahuan external ,sarana berbagi & menangkap informasi
yang update.pembalajaran Bisnis, Menambahkan kinerja yang serba cepat &
akurat….Bisnis yang sering di lakuakan untuk mengenal Produk yang di perjual
belikan secara 0nline,sebagai perbandingan persaingan Bisnis,sebagai lapangan
usaha minimalis yang mengeluarkan modal yang sedikit,menambah kinerja
perkmbangan usaha.Update berita terbaru tentang Bisnis,politik maupun
Entertaimant bagi kalangan remaja,perkembangan Style model gaya hidup yang unik
juga muda di ketahui dari internet.
3.
Klanagan Dewasa ( tua ) : Bisa sebagai Sarana
berita tanpa merepotkan,modal yg besar,mengetahui perkembangan berita harian
maupun mampu melihat potensi maupun ajang bisnis 0nline sehingga mampu
menciptakan lapanganpekerjaan di internet.
Kesimpulanya :
- Media komunikasi, yaitu merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna (users) internet dapat berkomunikasi dengan pengguna internet lainnya di seluruh dunia.
- Media pertukaran data, dengan menggunakan newsgroup, email, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web atau Para ahli Blogger pengguna internet di seluruh dunia bisa saling bertukar informasi dengan cepat, mudah dan murah.
- Media untuk mencari informasi atau data (browsing), perkembangan internet yang begitu pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
- Media Pembelajaran online, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa kita bisa menemukan banyak hal diinternet. Termasuk media belajar online, media seperti inipun semakin beragam jenisnya mulai dari yang gratis sampai yang berbayar.
- Media Promosi Bisnis, anda yang mempunyai bisnis di dunia nyata (offline) bisa mendapatkan sesuatu yang berbeda disini, Anda bisa mempromosikan bisnis anda dan melalui Bissnis 0nline
Internet
merupakan sebuah layanan yang memudahkan kita untuk berkomunikasi, menambah
wawasan, dan juga memudahkan kita untuk mencari suatu yang mungkin sulit dicari
secara nyata khususnya informasi. Jadi dampak internet bagi masyarakat
itu semua kembali lagi ke individu itu sendiri, bagaimana memanfaatkannya.
Pengaruh
dampak Negatif bagi masyarakat di bidang
internet adalah :
1.
Kalangan Anak-anak : Internet Sangat sensitif di
kalangan anak2 karena internet merupakan Sourse file2 yangumum,sehingga dapat
mengganggu pola pikir sorang anak yang masih labil dan retan terhadap media
remaja maupun dewasa.bnyaknya situs yang
tidak layak di perlihatkan pada usia anak-anak sperti Situs
Pornografi,Game 0nline yang membuat sorang anak malas untuk beraktifitas &
belajar,ajang permainan yang mampu membuat sorang anak terhambat untuk berkarya
2. Kalangan
Remaja : Serangan internet pada tingkat remaja sangatlah berpengaruh penting,namun
dampak negatif dari internet pada remaja sangat luas pengaruhnya baik dari
Situs pornografi,game online maupun ajang Cracker,Deface,Show off yang membuat
suatu keasikan dan merusak situs informasi buat pembelajaran,dan yang sangat
berpengaruh adalah Game Online ( Seperti : PB,Antlantic,CS dll) maupun Ajang Cyber
Crime( Ajang Deface,Show off)
ü
Cyberpiracy : Pembajakan Softwere
ü
Cybertrespass : Teknologi komputer meningkatkan akses
system komputer suatu organisasi atau individu.dicontohkan hacking.
ü
Cyber Espionage : System Mata-mata Informasi
Komputer untuk Melacak kerja suatu komputer
ü
Data Forgery : Memalsukan data documment suatu
situs sperti bank dalm jaringan interner ( Harus acces tinggi )
3. Klanagan
Dewasa ( tua ) : Masih dalam mendapatkan berita yang akurat namun informasi
pornografi ini sering menjebak pada kalangan dewasa untuk mendapatkan
itu,berita seksual,video porno sangat diminati dikalangan dewas,meski sudah
tdak dilarang dalam usianya namun ini dapat merusak sebuah keharmonisan,berita
yang melenceng termasuk pelecehan dlam situs sosial Facebook misalnya bnyak
terjadi.
Kesimpulanya :
- Sarang Pornografi,
banyak yang menganggap bahwa internet identik dengan pornografi dan itu
memang tidak salah.
Karna pada kenyataannya dengan kemampuan menyampaikan berbagai informasi yang beragam, menjadikan internet sebagai sarangnya konten pornografi yang mudah ditemukan. Untuk mengantisipasi hal ini, sebenarnya pemerintah sudah turun tangan dengan memblockir situs-situs konten pornografi, meskipun tidak semua setidaknya ini bisa meminimalisir. - Cybercrime ialah suatu bentuk kejahatan yang dilakukan suatu individu maupun kelompok yang dilakukan dengan sarana internet. Contohnya, ialah Scam, Carding dan Cracking yaitu usaha yang dilakukan untuk memasuki sebuah jaringan secara illegal dengan maksud merubah, mencuri maupun menghancurkan data file yang ada pada jaringan tersebut. Dan bukan dikategorikan sebagai Hack atau Hacking yang biasa dikenal masyarakat sebagai tindakan menghancurkan atau mengobrak-abrik suatu jaringan (Jangan salah persepsi tentang hacker!).