Menembus Pertahanan Hotspot Yang Menggunakan Authentifikasi MAC Address

Example


Artikel Ini hanyalah salah satu cara dari sekian banyak cara bagaimana para heker ayam yang ngaku-ngaku hebat itu menembus pertahanan hostpot.  Disini kita akan menggunakan tools sniffer yang bertujuan untuk melacak MAC address yang terdapat didalam jaringan dan juga tidak lupa MAC make up untuk melakukan manipulasi MAC address kita sendiri. Adapun kita memerlukan beberapa syarat disini untuk bisa berhasil yaitu:
  1. Hotspot menggunakan authentifikasi MAC address.
  2. Hotspot tidak menggunakan pengamanan sejenis WEP/WPA/WPA2.
Kalau kedua syarat diatas terpenuhi maka kita bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Pertama kita perlu sebuah tools untuk melakukan sniffing kedalam jaringan. Sniffing sendiri bisa kita anggap dengan bahasa yang mudah dipahami yaitu mengintip. Tujuan kita disini adalah mencari tahu list MAC address yang terhubung kedalam jaringan dan mencoba satu-persatu MAC address tersebut. Silahkan download Colasoft MAC scanner.
Percobaan ini saya coba pada network yang berbeda workgroup ternyata software colasoft mampu membaca semua MAC yang terhubung pada jaringan. Ketika saya mencoba tanpa tools dengan perintah net view komputer yang berbeda workgroup tidak tampil kedalam list. Jadi penggunaan program ini mutlak dibutuhkan.
Langkah selanjutnya adalah menggunakan tools MACmakeup silahkan download disini. Kita akan merubah MAC address kita sesuai dengan MAC yang kita temukan pada list jaringan dengan harapan salah satu MAC itu adalah client yang ter-authentifikasi.
Setelah kita merubah MAC address kita sendiri kita bisa langsung mencoba membuka salah satu website, jika berhasil maka biasanya akan terjadi konflik didalam jaringan hotspot yang mengakibatkan kedua komputer ditolak oleh server. Silahkan simpan MAC itu dan akan kita gunakan ketika client dengan MAC yang sama sedang tidak terhubung dengan jaringan.
PERTANYAAN UMUM:
Q: Bagaimana jika hotspot menggunakan pengamanan WEP/WPA/WPA2?
A: Ada tools yang mampu melakukan sniffing password untuk jaringan  yang menggunakan pengamanan WEP, untuk WPA dan WPA2 saya kurang tahu dan nggak mau tahu.
Q: Apakah teknik ini dijamin akan berhasil?
A: Tingkat keberhasilan teknik ini adalah 60% mengingat beberapa administrator kurang mampu membaca celah keaamanan, selain itu beberapa orang tidak tau bagaimana cara memproteksi jaringannya sendiri.
Q: Bagaimana solusi terbaik untuk administator agar tidak terjadi kejadian kecolongan seperti diatas?
A: Ada banyak cara, antara lain adalah menghilangkan MAC address whitelist, semua komputer yang terhubung pada jaringan perlu password untuk melakukan autentifikasi, jika WEP/WPA/WPA2 pun masih bisa dijebol sangat disarankan menggunakan program Antamedia Hotspot dimana program ini memiliki perlindungan penuh pada jaringan hotspot yang terbuka untuk umum asal disetting dengan benar.
Salam GoBlog!

Berikan Komentar tentang Artikel Ini

 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook
Original Template By Belajar SEO Blogspot - Himajiesized By Dayz Hidayat