Membuat Koneksi PHP ke Ms. Access

Tuorial kali ini saya mencoba untuk mencoba menjawab pertanyaan dari teman saya yang telah saya terima melaui email, yaitu bagaimana cara koneksi php dengan access.
Disini kita akan meng-konek-an database access dengan PHP menggunakan fasilitas ODBC. Open Database Connectivity(ODBC) adalah sebuah standar terbuka untuk konektivitas antar mesin basis data. Standar ini menyediakan API yang dapat digunakan untuk menjalankan dan mengoneksikan sebuah aplikasi dengan sebuah sistem manajemen basis data (SMBD).
Para desainer ODBC membuatnya dengan tujuan agar ODBC terbebas dari penggunaan bahasa pemrograman tertentu, sistem manajemen basis data tertentu, dan sistem operasi tertentu. ODBC adalah bagian database Microsoft Windows Open Services Architecture (WOSA), sebuah interface yang memungkinkan aplikasi desktop berbasis Windows yang terhubung ke lingkungan komputasi tanpa harus menulis ulang aplikasi untuk setiap platform.

Membuat Koneksi PHP ke Ms. Access
01-Pertama kita buat database acces terlebih dahulu. Usahakan untuk membuat database Access 2000-2003 yang berformat *.mdb.


02-Lalu pada bagian kanan bawah.
Beri nama databse dengan nama Data.



03-Disini kita langsung tanpa melengkapi data field dan isinya.
Klik pada Design View (langkah 1) dan simpan tabel dengan nama user (langkah 2).