Pengertian 32Bit & 64Bit Pada Proccessor PC/Laptop


32 bit ataupun 64 bit mengarah pada lebar data register prossesor. Nilai ini mengacu pada banyaknya alamat pada memori yang dapat disimpan dalam address register. Pada 32 bit CPU, alamat memori yang dapat dipakai adalah sebanyak 2^32 atau sama dengan 4 gigabyte RAM. Sementara pada 64 bit CPU, alamat memori yang dapat dipakai adalah sebanyak 2^64 atau sama dengan 4 gigabyte lebih.

Komputer 32bit tidak bisa menjalankan software untuk komputer 64bit, tetapi komputer 64bit dapat menjalankan software yang dibuat untuk komputer 32bit melalui hardware compatibility mode(emulasi perangkat keras), lewat software. Hardware compatibility mode pada CPU 64bit juga dapat diimplementasikan dengan menyertakan core prossesor 32bit, misalnya pada prossesor intel seri Itanium.

Kelebihan dan kekurangan :

    Pada 32bit komputer, membatasi jumlah memori menjadi 3 gb bukan 4 gb dikarenakan daerah 3-4gb telah dipakai untuk pengalamatan perangkat keras. Hal ini tidak terjadi pada 64bit, dikarenakan dapat menggunakan memori lebih dari 4 gb.

    beberapa program seperti program enkripsi data dapat berjalan lebih cepat pada 64bit komputer, dengan syarat program tersebut juga telah dikompilasi untuk sistem 64bit

    pada sistem 64bit, data bertipe sama akan memakan memori lebih banyak dibandingkan dengan sistem 32bit. Hal ini dikarenakan pembengkakkan pointer dan alignment paddings.

    sistem 64 bit terkadang kekurangan dukungan aplikasi dibandingkan dengan sistem 32bit

    Programmer mengalami kesulitan untuk memporting aplikasi 32bit ke 64bit, dikarenakan perbedaan ukuran tipe data

Berikan Komentar tentang Artikel Ini

 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook
Original Template By Belajar SEO Blogspot - Himajiesized By Dayz Hidayat