Cara merekam tampilan bios atau proses instal windows

Mungkin ada diantara teman yang sering melihat gambar tampilan bios, safe mode , proses instalasi, proses loading windows, ada beberapa teman yang menanyakan tentang cara capture, sreenshot atau merekam tampilan tersebut. Jika sudah login ke windows, maka tampilan di layar bisa direkam dengan menggunakan perintah printscreen, tetapi bagaimana dengan tampilan sebelum login ke windows, tampilan bios, dan proses install windows.

Ada beberapa software yang bisa di gunakan, salah satunya adalah Microsoft Virtual PC 2007, software ini sudah saya install di windows 7 (berjalan baik), tetapi belum coba di Windows XP.



Untuk merekam tampilan proses instal windows atau tampilan DOS, pertama buka windows kemudian buka aplikasi Microsoft Virtual PC ,akan terbuka sebuah jendela (window) baru Virtual PC , klik tombol Start atau Run Virtual PC kemudian saat proses booting di Virtual PC tekan tombol delete selanjutnya akan muncul halaman bios, atur booting dari CD, masukkan CD (misalnya CD Windows, CD Boot lainnya) yang bisa boot ke CD-Drive ,selanjutnya saat booting di Virtual PC tekan enter, maka akan muncul tampilan seperti saat anda sedang menginstal software.

Untuk merekamnya, anda cukup menekan tombol printscreen di keyboard anda.
Contoh tampilan yang saya rekam pakai Microsoft virtual PC bisa dilihat disini
merekam (screenshot) tampilan dos

Buat teman yang ingin coba, Software versi trialnya bisa dicari di indowebster atau di situs microsoft.

Ada beberapa persyaratan agar software Microsoft virtual PC berfungsi di komputer, yaitu Processor harus mendukung Virtualization Technology, jika menggunakan processor Intel bisa dilihat keterangannya disini Intel Virtualization Technology, jika menggunaka processor AMD bisa dilihat keterangannya di AMD Virtualization Technology









Berikan Komentar tentang Artikel Ini

 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook
Original Template By Belajar SEO Blogspot - Himajiesized By Dayz Hidayat