Mengenal Lebih dalam Distro ubuntu


Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. "Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia". Ubuntu juga bisa berarti "aku adalah aku karena keberadaan kita semua". Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah [sistem operasi] lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu:
  • bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
  • bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan
  • bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan. Setiap rilis
mempunyai nama kode dan nomor versi. Nomor versi berdasarkan tahun dan bulan dari rilis. Sebagai contoh, rilis Ubuntu yang pertama, 4.10, dirilis tanggal 20 Oktober 2004. Rilis ubuntu keluar setiap 6 bulan sekali tiap bulan April dan Oktober. Rilis ubuntu biasanya terdiri dari 2 edisi, yaitu edisi Desktop dan Server. Perbedaan mendasar pada
keduanya adalah pada versi desktop terdapat tampilan desktop manager sedangkan pada edisi server tidak ada, hanya command prompt saja.
Daftar rilis Ubuntu yang telah dirilis dan yang direncanakan untuk dirilis:

Versi
Tanggal Rilis
Nama Kode
Sub Versi
Di Dukung S/D
4.10 20 Okt 2004 Warty Warthog Sounder 30 April 2006
5.04 8 April 2005 Hoary Hedgehog Array 31 Oktober 2006
5.10 13 Okt 2005 Breezy Badger Colony 13 April 2007
6.06 LTS 1 Juni 2006 Dapper Drake Flight Juni 2009/Juni 2001
6.10 26 Okt 2006 Edgy Eft Knot April 2008
7.04 19 April 2007 Feisty Fawn Herd Oktober 2008
7.10 18 Okt 2007 Gutsy Gibbon Tribe April 2009
8.04 LTS 21 april 2008 Hardi Heron Siege April 2011/April 2013
8.10 Okt 2008 Intrepid Ibex 8.10 Oktober 2008
9.04 April 2009 Jaunty Jackalope 9.04 April 2009
9.10 Okt 2009 Karmic Koala 9.10 -
10.4 LTS April 2010 10.4 -
10.10 Oct 2010 Maverick 10.10 -
11.04 April 2011 11.04
Keluarga Ubuntu
  • EDUBUNTU
Edubuntu adalah distro Linux yang dirancang untuk dipergunakan dalam ruang kelas. Edubuntu merupakan singkatan dari akronim bahasa Inggris education Ubuntu, yang terjemahan bebasnya kira-kira: "pendidikan untuk semua orang". Edubuntu merupakan varian dari Ubuntu. Edubuntu lebih dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan komputasi server-workstation. Edubuntu menggunakan aplikasi thin client LTSP, terminal komputer tanpa disk. Desktop Edubuntu sendiri masih menggunakan GNOME dan GDM sebagai display manager-nya. Aplikasi yang disertakan sendiri merupakan gabungan dari aplikasi-aplikasi GNOME dan KDE.
  • KUBUNTU
Kubuntu adalah distribusi Linux berbasis Ubuntu. Komunitas Kubuntu dibangun atas dasar cita-cita yang ada di dalam Filosofi Ubuntu: bahwa perangkat lunak harus tersedia tanpa biaya, perkakas perangkat lunak harus dapat digunakan oleh pengguna dalam bahasa lokal mereka dan untuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik, dan pengguna harus mempunyai kebebasan untuk menyesuaikan dan mengubah perangkat lunak mereka menurut dengan apa yang mereka inginkan. Untuk alasan tersebut: Kubuntu akan selalu bebas biaya, dan tidak ada biaya ekstra untuk "edisi enterprise",
kami membuat karya terbaik kami tersedia bagi setiap orang dengan persyaratan-persyaratan yang sama. Kubuntu menyertakan infrastruktur terjemahan dan prasarana aksesibilitas terbaik yang dimiliki oleh komunitas perangkat lunak bebas, hal ini berguna untuk membuat Kubuntu dapat dipergunakan oleh banyak orang. Kubuntu dirilis secara berkala dan dapat diprediksikan; rilis terbaru diluncurkan setiap enam bulan. Anda dapat menggunakan rilis stabil yang ada atau rilis pengembangan saat ini. Setiap rilis didukung selama sekurangnya 18 bulan.
Kubuntu berkomitmen penuh pada prinsip dari pengembangan perangkat lunak open source; kami mendorong masyarakat untuk mengunakan perangkat lunak open source, memperbaikinya lalu menyebarkannya. Instalasi Ubuntu akan memiliki desktop GNOME, aplikasi GNOME dan GNOME/GTK+ admin tools. Sedangkan instalasi Kubuntu memiliki dekstop KDE, aplikasi KDE contoh Kontact dan KDE admin tools contoh Adept Manager. Sebagai tambaha, Kubuntu lebih menggunakan pak dari KDE/Qt daripada GTK+ toolkit berbasis aplikasi. Tetapi, ada beberapa cara untuk menginstal dari sistem perasi yang berbeda ini, contohnya Menginstall Ubuntu kemudian menambahkan KDE, atau menginstall Kubuntu ’metapackage’.
  • XUBUNTU
Xubuntu adalah distribusi Linux berbasis Ubuntu yang menggunakan lingkungan meja (desktop environment) Xfce. Xubuntu ditujukan untuk pengguna yang menggunakan komputer dengan kinerja rendah atau mereka yang mencari lingkungan meja yang lebih efisien pada komputer dengan kinerja tinggi.
dan banyak Lagi Keluarga Ubuntu Seperti, Ubuntu Muslim Edition, Ubuntu Studio, Linux Mint, Ubuntu Satanic dan lain-lain Tidak akan ukup tempat jika saya menjelaskan semua keluarga ubuntu tersebut..
Komunitas Ubuntu Indonesia
Berikut ini adalah beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi untuk melihat kegiatan yang dilakukan oleh komunitas Ubuntu di Indonesia. Dan sebelum bergabung Anda disarankan untuk terlebih dahulu membaca Ubuntu Code of Conduct yang mengatur bagaimana seharusnya berperilaku di dalam komunitas Ubuntu.
  • Tempat nongkrong ubuntu-er seIndonesia (http://ubuntulinux.or.id/) - disini Anda dapat melihat dan membaca berita, tips, pengalaman, turut serta menulis dan saling berbagi informasi seputar Ubuntu.
  • Komunitas milis id-ubuntu (http://groups.google.com/group/idubuntu) - ikut berdiskusi, bersama-sama memecahkan masalah, berbagi pengalaman, dan juga bertukar pikiran antar sesama pengguna Ubuntu di Indonesia.
  • Komunitas forum Ubuntu Indonesia (http://forum.ubuntulinux.or.id/) - tempat dimana Anda dapat bertanya untuk memperoleh bantuan dan juga sebagai tempat berdiskusi mengenai segala aspek dalam Ubuntu.
  • Wiki Ubuntu Indonesia (http://wiki.ubuntu-id.org/) - sarana untuk berkolaborasi bagi para pengguna Ubuntu di Indonesia. Anda juga dapat melihat beragam dokumentasi yang ditulis oleh rekanrekan komunitas Ubuntu Indonesia.
  • Planet Ubuntu Indonesia (http://planet.ubuntu-id.org/) – agregat blog bagi para pengguna Ubuntu di Indonesia. Sebuah jendela untuk melihat dunia, kegiatan dan kehidupan komunitas pengguna Ubuntu di Indonesia.
  • Tim penerjemah Ubuntu Indonesia (https://launchpad.net/~ubuntu-l10n-id) - untuk Anda yang tertarik untuk membantu menerjemahkan setiap aplikasi dan
    dokumentasi yang ada di Ubuntu ke dalam bahasa Indonesia.
  • Komunitas Edubuntu Indonesia (http://edubuntu.or.id/) – turut serta untuk  menjadikan Ubuntu umumnya atau Edubuntu khususnya menjadi salah satu distribusi linux yang digunakan secara luas di dunia pendidikan di Indonesia.

Berikan Komentar tentang Artikel Ini

 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook
Original Template By Belajar SEO Blogspot - Himajiesized By Dayz Hidayat