Error Pada Blue Screen & Cara Mengatasinya

Apakah Bluescreen itu? Blue screen of death (BSOD, Bahasa Inggris: Layar Biru Kematian), atau kadang disebut "layar biru" (bluescreen) saja adalah istilah populer untuk layar yang ditampilkan Microsoft Windows ketika mengalami kesalahan sistem (atau disebut stop error oleh Microsoft). BSOD milik Windows NT, 2000, XP, atau Vista biasanya lebih serius daripada Windows sebelumnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya BSOD ini. Diantaranya driver peralatan yang tidak bagus, kesalahan memori, registry yang rusak atau penggunaan file DLL yang tidak cocok. 
Berbagai bentuk BSOD terdapat pada seluruh sistem operasi Windows sejak Windows 3.1. BSOD merupakan pengganti black screen of death (layar hitam kematian) yang muncul pada OS/2 dan MS-DOS.[1] Dalam versi awal dari Windows Vista juga terdapat red screen of death atau layar merah kematian, yang digunakan pada kesalahan boot loader. (sumber: wikipedia)
 



Kerusakan ini biasanya terjadi saat booting dan muncul beberapa pesan yang muncul seperti di bawah ini:
  • DATA_BUS_ERROR : kerusakan ini karena memori di motherboard rusak, solusinya bersihkan memori slot dari debu/kotoran yang melekat
  • Machine_Check_exeption:  Hal ini karena cacatnya CPU karena over-clock secara agresif, dan power supply yang kekurangan daya/rusak, solusinya kembalikan BIOS ke setting standar (default)
  • NTFS_FILE_SYSTEM, FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau(0X000000023): karena adanya kerusajan pad partisi atau file sistem. Solusinya cek kabel data hard disk , perbaiki pin yang kendor atau bengkok.
  • This error can occur if the Kernel32.dll file isi missing or damaged: Pesan ini karena kerusakan file kernel32.dll solusinya perbaiki Windows dari master Windows
  • IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A):pesan ini karena driver yg terinstall tidak kompatibel, atau permasalaha VGA card seperti overclock melebihi batas. Atau bisa jadi karena driver lama kita belum di hapus
  • INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE : Pesan ini karena disebakan adanya virus boot sector atau driver controller yang crash, solusinya , periksa konfigurasi jumper hard disk (master/salve), dan bersihkan virus denganc ara men-scanhard disk di komputer lain.
  • BAD_POOL_CALLER: pesan ini karena driver tidak kompatibel dengan sistem. bisanya karena saat intstalasi windows xp dengan cara upgrade. Solusinya buang aplikasi antivirus dan lepas device yang menempel pada motherboard
  • PEN_LIST_CORRUPT : adanya kerusakan pada memori, solusinya bersihkan memori dan slotnya. Jika tetaperror ganti memori
  • VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE : karena kesalahan instaliasi driver video card atau driver yang tidak update. Solusinya uninstall driver yang lama , kemudian instal ulang driver video card yang baru.
Anonim mengatakan...

Silahkan

Dayz Hidayat mengatakan...

mantep nih tipsnya :-bd
kebetulan baru ngalamin bluescreen laptop saya,, thx..
oh iyaa linknya sudah sy pasang juga :)
silahkan di cek mas hehe

0vi Hardiansyah Al Fatih mengatakan...

iya kak Maksih bngat dah mau nambhin LINK nya....!!
mksih dah mampir kak.

Berikan Komentar tentang Artikel Ini

 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook
Original Template By Belajar SEO Blogspot - Himajiesized By Dayz Hidayat